Komponen - Komponen Sistem Informasi


Komponen-komponen Sistem Informasi 

Gambar 1 diatas mengilustrasikan model sistem informasi yang menunjukkan kerangka kerak konsep dasar untuk berbagai komponen dan aktivitas sistem informasi. Sistem informasi bergantung pada sumber daya manusia (pemakai akhir dan pakar SI), hardware (mesin dan media), software (program dan prosedur), data (dasar data dan pengetahuan), serta jaringan (media komunikasi dan dukungan jaringan) untuk melakukan input, pemrosesan, output, penyimpanan, dan aktivitas pengendalian yang mengubah sumber daya data menjadi produk informasi.


Gambar 1: Komponen-komponen sistem informasi

Model sistem informasi ini memperlihatkan hubungan antarkomponen dan aktivitas sistem informasi. Model tersebut memberikan kerangka kerja yang menekankan pada empat konsep utama yang dapat diaplikasikan ke semua jenis sistem informasi.


  • Manusia, hardware, software, data, dan jaringan adalah lima sumber daya dasar sistem informasi.
  • Sumber daya manusia meliputi pemakai akhir dan pakar SI, sumber daya hardware terdiri dari mesin dan media, sumber daya software meliputi baik program maupun prosedur, sumber daya data dapat meliputi media komunikasi dan jaringan.
  • Sumber daya data diubah melalui aktivitas pemrosesan informasi menjadi berbagai produk informasi bagi pemakai akhir.
  • Pemrosesan informasi terdiri dari aktivitas input dalam sistem, pemrosesan, output, penyimpanan, dan pengendalian.
Sumber Daya Sistem Informasi 


Model SI kita mununjukkan bahwa sistem informasi terdiri dari lima sumber daya dasar: manusia, hardware, software, data, dan jaringan. Mari kita bahas secara singkat beberapa konsep dasar dan contoh dari peran sumber daya-sumber daya tersebut mainkan sebagai komponen dasar sistem informasi. Anda harus dapat mengenali kelima komponen ini pada saat bekerja dalam berbagai jenis sistem informasi yang anda hadapi di dunia nyata. Gambar 2 memberikan garis besar dari beberapa contoh sumber daya sistem informasi dan produknya.


Sumber Daya Sistem Informasi dan Produknya
Sumber Daya Manusia
Para pakar – sistem analis, pembuat software, operator system.
Pemakai akhir – orang-orang lainnya yang menggunakan system informasi.
Sumber Daya Hardware
Mesin – komputer, monitor video, disk drive magnetis, printer, pemindai optikal.
Media – floppy disk magnetic tape, disk optikal, kartu plastic, formulir kertas.
Sumber Daya Software
Program – program sistem operasi, program spreadsheets, program word processing, program penggajian.
Prosedur – prosedur entri data, prosedur untuk memperbaiki kesalahan, prosedur pendistribusian cek gaji.
Sumber Daya Data
Deskripsi produk, catatan pelanggan, file kepegawaian, database persediaan.
Sumber Daya Jaringan
Media komunikasi, pemroses komunikasi, software untuk akses dan pengendalian jaringan.
Produk Informasi
Laporan manajemen dan dokumen bisnis yang menggunakan tampilan teks serta grafik, respons audio, dan formulir kertas.
Gambar 2: Contoh-contoh sumber daya sistem informasi dan produknya.  


Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia ini meliputi pemakai akhir dan pakar SI. 

  • Pemakai akhir (juga disebut sebagai pemakai atau klien) adalah orang-orang yang menggunakan sistem informasi atau informasi yang dihasilkan sistem tersebut.
  • Pakar SI adalah orang-orang yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi. Mereka meliputi analis sistem, pembuat software, operator sistem, dan personel tingkat manajerial, teknis dan staf administrasi SI lainnya.
Sumber Daya Hardware
Sumber daya hardware meliputi semua peralatan dan bahan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi.
Contoh-contoh hardware dalam sistem informasi berbasis komputer adalah:

  • Sistem komputer, yang terdiri dari unit pemrosesan pusat yang berisi pemroses mikro, dan berbagai peralatan periferal yang saling berhubungan. 
  • Periferal komputer, yang berupa peralatan seperti keyboard atau mouse elektronik untuk input data dan perintah, layar video, atau printer untuk output informasi, dan disk magnetis atau optikal untuk menyimpan sumber daya data.
Sumber Daya Software
Sumber daya software meliputi semua rangkaian perintah pemrosesan informasi. Konsep umum software ini meliputi tidak hanya rangkaian perintah operasi yang disebut program, dengan hardware komputer pengendalian dan langsung, tetapi juga rangkaian perintah pemrosesan informasi yang disebut prosedur yang dibutuhkan orang-orang.
Berikut ini adalah contoh-contoh sumber daya software.

  • Software sistem, seperti program sistem operasi, yang mengendalikan serta mendukung operasi sistem komputer.
  • Software aplikasi, yang memprogram pemrosesan langsung bagi penggunaan tertentu komputer oleh pemakai akhir.
  • Prosedur, yang mengoperasikan perintah bagi orang-orang yang akan menggunakan sistem informasi.
Sumber Daya Data
Data dapat berupa banyak bentuk, termasuk data alfanumerik tradisional, yang terdiri dari angka dan huruf serta karakter lainnya yang menjelaskan transaksi bisnis dan kegiatan serta identitas lainnya. Data teks, terdiri dari kalimat paragraf yang digunakan dalam menulis komunikasi, data gambar, seperti bentuk grafik dan angka, serta gambar video grafis dan video, serta data audio, suara manusia dan suara-suara lainnya, juga merupakan bentuk data yang penting.
Sumber daya sistem informasi umumnya diatur, disimpan, dan diakses oleh berbagai teknologi pengelolaan sumber daya data ke dalam:
  • Database yang menyimpan data yang telah diproses dan diatur.
  • Dasar pengetahuan yang menyimpan pengetahuan dalam berbagai bentuknya, seperti fakta, peraturan, dan contoh kasus mengenai praktik bisnis yang berhasil baik.
Sumber Daya Jaringan
Sumber daya jaringan meliputi:
  • Media komunikasi. Contohnya meliputi kabel twisted-pair, kabel tembaga, dan kabel optikal fiber; serta teknologi gelombang mikro, selular, dan satelit yang nirkabel.
  • Dukungan Jaringan. Kategori umum ini menekankan bahwa banyak hardware, software, dan teknologi data dibutuhkan untuk mendukung operasi dan penggunaan jaringan komunikasi.
  

Komentar

Postingan Populer